5 Khasiat Tanaman Pata「Weide app」h Tulang

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Permainan baccarat terbaik

Baca juga: 5 Manfaat Wasabi, Pasta Hijau yang Menjadi Pendamping Makan Sushi

DapatkaWeide appn infoWeide apprmasi, inspirasi dan insigWeide appht di email kamu.

Daftarkan email

Beberapa jenis mikroorganisme yang terbukti mampu dibunuh atau dihambat pertumbuhannya antara lain E. coli, P. vulgaris, S. aureus, B. subtilis, A. nigerand, dan C. albicans.

Beberapa biological marker yang dites adalah piruvat glutamat transaminase, oksaloasetat glutamat transaminase, alkalin fosfat, bilirubin, kolesterol, dan trigliserida.

Peneliti menduga, tanaman ini berpotensi memiliki efek antivirus terhadap virus lainnya. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

KOMPAS.com - Tanaman patah tulang sering ditemukan di halaman rumah. Nama latin dari tanaman patah tulang adalah Ephorbia tirucalli.

Tanaman ini adalah tanaman perdu yang tumbuh tegak. Tingginya rata-rata 2 meter, namun bisa tumbuh hingga 6 meter. Tanaman ini bercabang banyak dan memiliki getah seperti susu yang toksik terhadap kulit, mata, dan serangga. Rantingnya hijau bulat silindris berbentuk pensil dan memiliki alur halus.

Dilansir dari Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, berikut khasiat tanaman patah tulang.

Masih banyak penyakit yang dipercaya bisa disembuhkan dengan akar dan ranting tanaman patah tulang. Beberapa diantaranya adalah nyeri lambung, tukak rongga hidung, reumatik, nyeri saraf, wasir, dan sifilis. Selain itu, batangnya juga dipercaya bisa mengobati penyakit kulit, seperti kusta.

Uniknya, berbagai bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Bagian yang bisa digunakan antara lain akar, batang kayu, ranting, dan getahnya.

Sebuah penelitian pada hewan, menunjukkan tanaman patah tulang bisa mencegah kerusakan hati. Efek ini dinilai dengan mengukur beberapa biological marker yang berkaitan dengan hepatitis.

Penelitian lainnya menemukan bahwa tanaman patah tulang bisa menghambat aktivitas lisis dari virus herpes simplex 2 (HSV-2). Selain itu, ekstrak ini juga menurunkan kemampuan virus menginfeksi sel.

Ephorbia tirucalli terbukti kaya antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan adalah zat yang penting untuk melawan radikal bebas dan tanda penuaan. Selain itu, antioksidan mampu mencegah kanker dan berbagai penyakit degeneratif, seperti Alzheimer.

Baca juga: 5 Manfaat Teh Daun Kelor, Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Hasil tesnya adalah Ephorbia tirucalli mampu menunjukkan penurunan yang signifikan dari zat-zat penanda kerusakan fungsi hati tersebut. Namun, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan khasiatnya pada manusia.

Sebuah penelitian menguji ekstrak batang tanaman patah tulang terhadap berbagai mikroorganisme. Hasilnya, ekstrak ini menunjukkan antimikroba yang kuat terhadap beberapa jenis mikroorganisme.